Kamis, 20 September 2012

rangkuman dan soal BAB 1


Perangkat  Keras untuk Akses Internet
Internet merupakan sebuah fenomena mengagumkan dalam dua dekade terakhir. Internet mampu mendobrak tatanan kultur sebuah bangsa,menembus batas jangkauan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
Internet sebagai media pertukaran informasi dan komunikasi. Internet dapat digunakan sebagai sarana telepon gratis ke seluruh penjuru dunia. Internet dapat digunakan sebagai sarana berkirim surat elektronik dan SMS gratis ke seluruh penjuru dunia.
A.SEJARAH INTERNET
1. Sejarah Internet Dunia
Sejarah internet di mulai pada tahun 1960-an, yaitu ketika Levi C.Finch dan Robert  W. Taylor mulai merupakan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Salah satunya adalah teknik packet switching.
 Penelitian utama packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation),Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.
 Pada tahun 1969, robet taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemroseskan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Amerika Serikat) bermaksud mengimplementasikan ide untuk membuat system jaringan yang saling terhubung.
                Komersialisasi dan privatisasi internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan diizinkan internet Service Provider (ISP) untuk beroprasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an.
2. Sejarah Internet Indonesia
                Sejarah internet Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an. Saat itu, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai Paguyuban Network. M. samik-Ibrahim, Suyono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, putu, Firman Siregar, Adi Indriyanto, Onno w.
3. Sejarah Mailing List
                Salah satu media yang paling sedrhana untuk melakukan diskusi adalah e-mail menggunakan jasa mailing list server yang dapat menampung ribuan orang dalam berdiskusi melalui e-mail sekaligus.
4. Sejarah ISP di Indonesia (Internet Service provider)
                ISP pertama di Indonesia adalah IPTEKNET (htt://www.iptek.net.id) yang beroprasi penuh menjelang awal 1994.
                Secara  tradisional, internet memiliki empat aplikasi :
1.       E-mail
Kemampuan menyusun, mengirim, dan menerima e-mail telah ada sejak saat-saat awal ARPANET  dan sangat popular. E-mail sebagai cara  utama berinteraksi  engan dunia luar, lebih jauh jangkauannya dibanding telepon dan snail mail (surat pos).
2.       News
Newsgroup merupakan forum khusus dimana engguna yang memiliki kesenangan yang sama dapat saling bertukar pesan.
3.       Remote login
4.       Transfer file
Penggunaan program FTP memungkinkan pengguna untuk menyalin file dari satu mesin di internet ke mesin lainnya.
B. JARINGAN KOMPUTER
Beraneka peralatan komunikasi dan computer  saling bekerja saja membentuk suatu hubungan satu sama lainnya atau biasa dinamakan jaringan computer. jaringan computer  adalah sekelompok computer atau defice lainnya yang saling dihunbungkan dengan menggunakan aturan komunikasi sehingga antara satu computer dengan computer yang lain dapat saling berbagi data atau berbagi sumber daya peralatan computer , misal scanner,printer dan harddisk.

1.Topologi Jaringan computer
Perkembangan teknologi dewasa ini bahkan mensyaratkan supaya produk-produk dapat melakukan resource sharing antara satu entity dengan entity yang lainnya .Terdapat beberapa cara menghubungkan sejumlah entity diantaranya sebagai berikut:
a.       Star (Bintang)
 pada jaringan dengan tipe ini, salah satu entity / computer dibuat menjadi sebuah pusat dari pengoperasian (server).Keuntungan  jaringan model ini adalah fleksibe, perubahan salah satu entity/ computer tidak menggangu jaringan yang lain dan dapat dilakukan dengan mudah. Kerugian jaringan model ini antara lain : boros kabel sebagai media transmisinya, peralatan HUB menjadi peralatan yang paling dominan.

                       
b.      Bus
pada jaringan dengan tipe tepologi ini, semua computer dihubungkan pada sebuah jalur transmisi yang dikenal dengan istilah bus. Perpindahan data dari satu computer ke computer lain tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Keuntungan jaringan model Bus antara lain: hemat kabel, layout sedrehana dan mudah dikembangkan. Kekurangan jaringan model Bus antara lain: deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, kepadatan lalu lintas data tinggi, apabila terdapat salah satu kerusakan pada computer maka menyebabkan jaringan tidak berfungsi, agar sinyal bias menjangkau computer yang paling ujung sering kali dibutuhkan repeater.
c.       Ring (cincin)
pada model jaringan ini, setiap computer dihubungkan secara seri satu dengan yang lainya dan hubungan tersebut akan membentuk suatu kalung tertutup. Dalam model jaringan seperti ini, setiap computer dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu berkomunikasi dengan computer lain yang berdekatan maupun berjauhan. Model jaringan ini mampu melakukan pertukaran data ke berbagai arah computer. Keuntungan model jaringan ini adalah: tingkat kerumitan jaringan rendah, apabila terdapat gangguan pada salah satu jalur data maka lalu lintas data dapat dialihkan pada jalur lain. Keuntungan jaringan seperti ini adalah hemat kabel. Adapun kerugian model jaringan ini adalah peka kesalahn dan pengembangan jaringan kaku.

        Adanya jaringan, mempunyai keuntungan jaringan sebagain berikut:
1.       menggunakan sumber daya secara bersama-sama. Dengan adanya jaringan, apabila terdapat pengguna yang lokasinya jauh dari data yang dikehendaki, ia dapat menggunakan data tersebut tanpa harus beranjak dari kursinya.
2.       Realibilitas tinggi. Adanya jaringan akan memberikan reabilitas tinggi file-file yang digunakan pada salah satu computer yang menyimpan data .
3.       Menghemat uang . biasanya untuk menyimpan data yang penting, khususnya pada suatu perusahaan besar dibutuhkan computer tipe khusus.
4.       Keamanan data. Keamanan data dapat diatur oleh suvervisor dengan memberikan hk akses, pembatasan waktu akses dan pemberian password untuk melindungi pemakaian computer pusat. Computer ini dalam suatu jaringan adalah computer server.

2. perangkat keras jaringan
a.       Teknologi transmisi
Secara garis besar, terdapat dua jenis teknologi transmisi, yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point. Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Jaringan point-to-point terdri atas beberapa koneksi pasagan individudari mesin-mesin.
b.      Berdasarkan jarak
Criteria alternative untuk mengklsifikasikan jaringan adalah didasarkan pada jaraknya. Berdasarkan klasifikasi jarak, jaringan komputer dibedakan menjadi LAN (local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network). Koneksi antra dua jaringa atau lebih disebut internet work.
1.        LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau sekolah yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan computer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer) dan saling bertukar informasi. LAN beroperasi pda kecepatan mulai 10-100 mps. Namun, untik LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi sampai ratusan maengabit / sekon. Ketiga topologi dalam LAN, antara lain topologi start, ring, dan bus.
2.       MAN
Metopolitan area network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN mampu menunjang data dan suara bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa kabel output. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana. Aspek penting dari MAN dalah terdapatnya sebuah medium broadcast tempat semua computer dihubungkan.
3.       WAN
Wide are program-programa network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara atau benua. WAN terdiri atas kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan (aplikasi) pemakai. Kita akan mengikuti penggunaan tradisional dan menyebut mesin-mesin ini sebagai host. Host dihubungkan oleh subnet komunikasi atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lainnya seperti halnya system telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar.
Pada sebagian besar WAN , subnet terdri atas dua komponen yaitu, kabel trnsmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut juga sikuit, chanel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya. Elemem switching adalah computer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.
WAN dapat menghubungkan beberapa macam LAN yang berbeda-beda. LAN yang berbeda-beda tersebut dihubungkan menggunakan sebuah computer yang disebut router. Tugas router adalah menyediakan hubungan antara satu jaringan computer dengan jaringan komputet yang lain. Konsep dalam internet, yaitu computer-komputer dihubungkan dalam bentuk LAN dan WAN yang sangat luas oleh banyak router.
Soal TIK !!
1.       Salah satu media yang paling sederhana untuk melakukan diskusi adalah . . .
a.       E-mail                                            c. News                                                e. Yahoo
b.      Internet                                       d. Google
2.       Jaringan broadcast dan jaringan point-to-point terdapat dalam jaringan . . .
a.       Jaringan BUS                              c. Teknologi Transmisi    e. Topologi jaringan
b.      Jaringan star                               d. Jaringan Ring
3.       Data atau file yang berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil  agar lebih mudah ditangani dan lebih andal yaitu teknik . . .
a.       Internetwork                             c. Transfer File                   e. Internet
b.      Packet Switching                      d. Jaringan komputer
4.       Komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi yaitu . . .
a.       Packet Switching                      c. Router                              e. Subnet
b.      Teknologi Transmisi                d. Element Switching
5.       Komputer inti dalam suatu jaringan adalah . . .
a.       Komputer Router                    c. Jaringan komputer      e. IPTEKNET
b.      Komputer Server                     d. Mailing list Server
6.       Terdapatnya sebuah medium broadcast tempat semua komputer dihubungkan yaitu aspek penting dari . . .
a.       MAN                                             c. WAN                                 e. Transmisi
b.      LAN                                                d. Internet
7.       Jalur transmisi yang digunakan untuk mengubungkan semua komputer adalah . . .
a.       Star                                                                c. LAN                                   e. BUS
b.      Ring                                               d. Teknologi Transmisi
8.       Topologi star, ring, dan bus ketiga topologi ini berada didalam topologi . . .
a.       Jaringan                                       c. LAN                                   e. WAN
b.      MAN                                             d. Transmisi
9.       Kemampuan menyusun, mengirim, dan menerima e-mail telah ada sejak saat-saat awal ARPANET dan sangat popular yaitu . . . .
a.       News                                            c. Transfer  file                                  e. Star
b.      Remote Login                            d. E – mail
10.   Siapakah legendaris di awal pembangunan internet di Indonesia , kecuali . . ,
a.       Suyono Adi Soemarta            c. Muhammad Ihsan                       e. Robert Taylor
b.      Firman Siregar                           d. Adi Indrayano
Jawaban
1.       a                                              6.  a
2.       c                                              7.  e
3.       b                                             8.  c
4.       d                                             9.  d
5.       b                                             10. e

0 komentar:

Posting Komentar