Sabtu, 01 Desember 2012

Materi 7

Materi 7


A.Pendahuluan
Hampir seluruh orang di penjuru dunia saling berkomunikasi dalam waktu singkat.Salah satu alasan disebarluaskannya internet sebagai jaringan komputer internasional adalah fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan internet. Salah satu proses komunikasinya yaitu dengan menggunakan E-mail

B.Definisi E-Mail
Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau sering juga disebut surat elektronik. Email atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya.’
Email merupakan fasilitas internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Dengan adanya adanya email maka akan mempermudah orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat. Salah satu alasan disebarluaskannya internet sebagai jaringan komputer internasional adalah fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan internet.
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
C.Sejarah E-MAIL
Menurut laporan terkini oleh Forrester Research, lebih dari separuh orang Amerika menggunakan email selama rata-rata setengah jam setiap hari. Dan bukan itu saja, email saat ini sudah menjadi alat komunikasi populer yang digunakan di seluruh belahan dunia. Tapi tahukah Anda asal muasal email sebenarnya?
Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dipekerjakan oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson (Raymond Samuel Tomlinson) ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Kotak surat pada saat itu adalah sebuah dokumen teks yang dapat memiliki teks tambahan yang ditambahkan pada bagian akhir. Data dapat dimasukkan, tetapi tidak dapat dihapus atau diubah. Nama dari kotak surat tersebut adalah nama dokumen teks.
Ray yang ditugaskan untuk membuat aplikasi sederhana ini mampu malakukan sedikit hal lain. Kemudian diketahui ia sedang mengerjakan sesuatu yang disebut CYPNET, yang dimaksudkan untuk mentransfer file antar komputer dalam ARPANET.
 â€œIde yang muncul dalam benak saya adalah CYPNET dapat menambahkan materi ke dalam kotak surat seperti yang dapat dilakukan SNDMSGâ€�, jelas Ray.Maka ia memodifikasi CYPNET untuk dapat melakukan satu tugas tambahan – menambahkan sesuatu ke dalam sebuah file. Hal ini cukup mudah dan perubahan tersebut dilakukan secara cepat.
Setelah itu, Ray membuat keputusan yang telah merubah sejarah. Ia menciptakan format alamat email. Ia mendeskripsikannya? sebagai berikut, alamat kotak surat, tanda @, lalu diikuti nama mesin. Ia menggunakan tanda @ karena “sepertinya masuk akal. Saya menggunakan tanda @ untuk menandai bahwa si pengguna ‘ada di/at’ host lain selain berada di local area.�
Ia mengirim pesan pada dirinya, yang isinya sudah hilang ditelan waktu. Pesan Email pertama segera terkirim antara dua noda PDP-10 dalam jaringan ARPANET. Sejarah telah dibuat.
Eudora Mail
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.

Terdapat 4 jenis layanan email :
    a. Email Berbasis WEB
Email berbasis WEB adalah layanan email yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan email, sepaerti Yahoo, Hotmail, Bolehmail, Lovemail, plasa.com, dll. Layanan email jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan.
Kelebihan email berbasis WEB adalah biasanya diberikan secara gratis. Selain itu, kita dapat mengecek email dari mana saja. Kekurangan email jenis ini adalah kita bisa membaca email hanya dalam kondisi online sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet ynag lebih besar.
    b. POP Mail
POP Mail adalah email yang diterima melaluiI nternet Service Provider yang menjadi layanan kita. Kelebihan POP Mail adalah email jenis ini dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet).
Mengecek email dapat dilakukan dengan cara menghubungkan (connect) komputer ke internet, kemudian mendownload emeil-email kita dan kemudian memutuskan hunungan dengan internet. Setelah itu kita dapat membaca satu persatu email yang kita terima. Setelah kita selesai membuat balasan, kita kemudian dapat terhubung lagi ke internet dan kemudian mengirimkan balasan email yang kita terima. Untuk melakukan hal di atas, kita harus mempunyai program client seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express.
Kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak membuka email dari sembarang tempat.
   c.Email Forwarding
Email forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email kita yang lain. Email jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat email.
Kelebihan email forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya.Selain itu, bila kita mengganti alamat email, kita tidak perlu memberi tahu alamat email yang baru, kita cukup memberikan alamat email forwardingnya.
Untuk mendapatkan email Kekurangan email jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain, email tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat email yang sesungguhnya.
  d.Fungsi Email Sebagai Alat Komunikasi
1. Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
2. Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
3. Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
4. Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
5. Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting
  e.Dampak Negatif Email Sebagai Alat Komunikasi
1. Alat penyebaran firus komputer.
2. Alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk, seperti untuk kegiatan teroris.
 
    Terdapat banyak cara untuk mendapatkan email :
   a.Undangan dari teman
Cara ini melalui teman yang telah memiliki account pada penyedia layanan emai
tersebut.Kamu tidak dapat mendaftarkan diri tanpa undangan dari salah seorang yang telah menjadi anggota.
Contoh layanan ini : layanan email yang disediakan oleh Google (mail.gmail.com)
   b.Dari Internet Service Provider (ISP)
ISP adalah perusahaan yang melayani koneksi internet.Beberapa contoh ISP di Indonesia, antara lain Indosat NET, WasantaraNET, dan IndoNET. Koneksi internet dilakukan berdasarkan jumlah jam akses atau hak pakai selama 24 jam per hari. Kamu harus mandaftarkan diri kepada penyedia layanan tersebut untuk mendapatkan layanan email.
  c.Dari perusahaan
Email yang diperoleh dari perusahaan adalah email yang diberikan oleh suatu perusahaan. Ciri khasnya adalah alamat email ini memiliki identitas perusahaan dimana email tersebut terdaftar. Untuk mendapatkan email jenis ini, seseorang harus manjadi karyawan dari perusahaan tersebut.
   d.Memesan sendiri
Cara ini bertujuan untuk mendapatkan alamat email khusus yang dapat kamu tentukan sendiri, mulai dari nama domain, identitas kamu, serta fasilitas yang ingin kamu dapatkan dari email tersebut. Untuk mendapatkannya, kamu harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian memesan paket hosting untuk server kamu, baru kemudian kamu akan dapat menggunakan email tersebut.
   e.Melalui penyedia email gratis
Cara ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan email. Kamu tinggal mengunjungi web penyedia tersebut, mengisi data pribadi lalu kamu pun akan memiliki email secara instan.

 D. Tata Cara Membuat E-Mail
a.Melakukan Pendafataran di Yahoo Mail
Yahoo merupakan situs penyedia layanan email paling populer karena mempunyai banyak fasilitas yang berguna di dunia internet. Untuk memulai membuat email, kita harus membuat akun (account) terlebih dahulu. Sebenarnya saat ini ada layanan email gratis yang juga sama-sama bagus yaitu Gmail, layanan email dari Google. Tapi sekarang hanya akan kita pelajari cara membuat akun email di Yahoo dengan harapan agar bisa dipahami sehingga dengan anda bisa membuat akun email di Yahoo, maka anda juga akan bisa membuat akun email di manapun.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Buka situs www.yahoo.co.id dengan Mozilla Firefox atau Internet Explorer.
1. Jika sudah mengikuti langkah no 1 anda dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini, lalu anda pilih buat account baru.


2. Jika sudah pilih buat account baru, sekarang anda disuruh mengisi data yang diminta oleh pihak yahoo. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Keterangan diatas secara detail anda bisa simak dibawah ini.
•         Nama saya: Maksudnya isikan nama anda anda sendiri, nama depan dan nama belakang.
•         Jenis Kelamin: Saat ini yahoo cuman ada dua jenis kelamin yakni laki-laki dan perempuan anda bisa memilih salah satu, jika jenis kelamin anda tidak ada disitu saya mohon maaf hihihihihi....
•    Tanggal lahir: Isikan tanggal lahir anda beserta bulan dan tahunnya.
•    Saya tinggal di: Jika anda tinggal di luar negeri anda bisa mengganti negara indonesia tersebut.
•    Id Yahoo! dan Email: Anda disuruh membuat id anda seperti gambar diatas, jika tidak bisa coba diganti id tersebut.
•    Kata sandi: Anda harus mengisikan kata sandi, kata sandi ini harus di ingat-ingat karena sangat penting sekali.
•    Ketik ulang kata sandi: Anda harus mengulang kata sandi anda secara benar.
•    Pertanyaan rahasia 1: Pertanyaan ini juga harus diingat karena anda lupa kata sandi anda, anda bisa menggunakan pertanyaan rahasia tersebut dengan menggunakan fitur lupa kata sandi.
•    Pertanyaan rahasia 2: Pertanyaan ini sama saja dengan pertanyaan yang pertama hanya saja berbeda pertanyaan.
•    Ketik kode yang ditampilkan: Anda harus mengetik kode sama persis seperti gambar diatas, jaka salah ulangi sampai benar.

3. Jika sudah diisi dengan lengkap dan benar lalu pilih buat account saya, nanti anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.


4. Tekan lanjutkan untuk mengkonfirmasi pendataran email yahoo anda, dan anda sekarang sudah mempunyai email yahoo.

b. Melakukan Pendafataran di Gmail
Berikut Cara Membuat Email di Gmail. Cara ini menggunakan bahasa default Bahasa Inggris. Namun terasa lebih mudah karena dilengkapi Gambar pendukung.
1.    Kunjungi halaman https://Gmail.google.com
2.    Pada halaman tersebut, ada dua tempat untuk memulai membuat email di gmail. Bisa dengan meng-klik "Create an Account" dikanan atas, 
atau dengan meng-klik "Create an Account" yang ada ditengah halaman dibawah mobile access gmail.

Juga bagi Anda yang kurang suka dengan Bahasa Inggris, bisa juga mengubah bahasa tampilan kedalam Bahasa Indonesia dengan mengatur bahasa di pojok kanan bawah kedalam Bahasa Indonesia.
 
3.    Setelah Anda meng-klik salah satu link "Create an Account" tersebut, Anda akan dihantar kehalaman form pengisian data sebagai berikut:


o    Isi nama awal dan akhir Anda. Misalnya Nama Awal (first): Andrean dan nama akhir (last): Wildan.
•    Pilih username yang digunakan sebagai alamat email. Misalnya: andreanwildan. Sehingga alamat email di gmail yang Anda buat akan seperti andreanwildan@gmail.com
•    Buatlah password (Create Password) yang akan selalu digunakan untuk membuka atau mengakses email Anda.
•    Isikan password yang sudah dibuat tadi (Confirm your password)
•    Isi bulan, tanggal dan tahun kelahiran Anda.
•    Pilih jenis kelamin (Gender) Anda.
•    Masukkan nomor handphone Anda. Pastikan penulisan nomor handphone adalah dengan membuang angka nol didepan dan diganti dengan +62 sebagai kode wilayah Indonesia.
•    Masukkan alamat email lain Anda (Jika punya). Alamat email ini hanya digunakan untuk konfirmasi jika suatu saat Anda lupa password untuk membuka email Anda. Namun, jika nomor handphone yang diberikan valid, konfirmasi bisa juga dilakukan via telpon ataupun sms. Akan ada pengaturan lebih lanjut tentang hal ini.
•    Masukkan kode verifikasi. Pastikan untuk menulis angka atau huruf dengan benar. Ini dimaksudkan untuk validitas Anda sebagai pembuat email di gmail adalah memang benar orang (manusia) dan dilakukan secara manual, bukan mesin yang membuat email di gamail secara otomatis.
•    Pastikan lokasi tertera adalah Indonesia.
•    Centang semua pilihan dan klik "Next Step".
4.    Pada tampilan selanjutnya, Anda ditunjukkan ke tampilan profil email di gmail Anda. Pada tahap ini sebenarnya bisa langsung ke "Next Step". Namun direkomendasikan untuk menambah foto profil aku gmail. Ini berguna sekali dalam pemanfaatan dan penggunaan layanan google selanjutnya. Dan untuk menambah foto profil, klik "Add Profile Photo"

5.    Klik "Select a photo from your computer" untuk meng-upload foto profil Anda. Disarankan untuk menggunakan ukuran foto kecil saja dan persegi empat. Ini untuk memudahkan peng-upload-an dan pengaturan selanjutnya.

6.    Setelah foto ter-upload, kita masih bisa mengatur gambar. Namun jika sudah sesuai dengan yang kita inginkan, klik "Set a Profile Photo".

7.    Inilah tampilan foto profil akun email di gmail Anda. Pada tahap ini Anda masih diberi kesempatan untuk mengedit kembali foto profil jika belum sesuai seperti yang diinginkan. Jika sudah, klik "Next Step".

8.    Selesai sudah semua tahap cara membuat email di gmail. Dan dari semua tahap tersebut, Anda sudah mendapatkan alamat email di gmail yang sudah bisa dibagikan kepada teman-teman, yaitu andreanwildan@gmail.com.

Dengan mengikuti semua langkah cara membuat email di gmail ini, Anda juga sudah otomatis memiliki akun dan profil Google Plus (G+) yang merupakan satu-satunya profil pengguna semua layanan google lainnya.


Untuk melihat tampilan isi email di gmail anda, silahkan klik "Continue to Gmail".
9.Jika ada tampilan berikut, klik "Continue to the new look"
 
10. Dan inilah tampilan isi email di gmail Anda. klik Gambar untuk memperbesar (ukuran penuh).
Demikianlah cara membuat email di gmail ini. Dan dengan memiliki akun email di gamil, berarti anda sudah berhak untuk menggunakan semua layanan google lainnya
      E. Mengirim Email
a.Dengan Yahoo
Pertama silahkan Login dahulu di akun email Yahoo Anda dengan memasukkan alamat www.yahoomail.com , setelah anda memasukkan alamat tersebut maka akan muncul kendela baru seperti di bawah ini:














1. Memasukkan Alamat Email Yahoo email Anda
2. Masukkan Password Email Yahoo Anda dengan Benar
3. Lalu Tekan "Sign In" Untuk masuk Ke Akun yahoo Anda
Setelah anda berhasil masuk ke akun email Yahoo anda, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:






Setelah masuk di akun Yahoo anda sekarang silahkan anda klik "Tulis Pesan" Untuk memulai mengirim email dari yahoo anda.
Setelah anda klik Tulis pesan maka akan muncul gambar seperti berikut:















 Keterangan :

1. Kepada : Isikan alamat Email Tujuan .
2. Cc : “Copy Carbon” maksudnya adalah anda bisa mengirimkan dengan beberapa alamat email sekaligus. Bila anda hanya mengirim email dengan 1 alamat saja
maka, maka Dikosongkan saja.
3. Judul : Isikan Judul Email Anda. ( Dikosongi juga boleh ) tapi alangkah baiknya di isi saja, agar tidak di anggap sebagai SPAM
4. Lampiran : Anda juga bisa mengirimkan (menambahkan File ) lewat email ini dengan Format: Doc, pdf, Rar, Zip, Mp3, dan sebagainya, dengan catatan File tidak melebihi dari 10 Mega.
5. Isi surat/Email : Silahkan tulis Surat / Email Anda di situ… seperti anda mengetik di
Microsoftword.
6. Tombol Kirim : Setelah selesai menulis suratnya, sekarang Anda tinggal mengirimnya yaitu dengan cara “KLIK” Tombol “Kirim” dan Tunggu beberapa saat sampai muncul gambar seperti di bawah ini:










Bila muncul gambar seperti di atas Berarti anda sudah berhasil mengirimkan email dari yahoo. Setelah itu Anda Klik "Selesai" untuk kembali ke menu awal.dan sekarangpun anda sudah tahu Cara mengirim email atau Kirim Email dari Yahoo ?? Semoga manfaat

b. Dengan Gmail
Cara Mengirim Email dan Kirim Email dari Gmail mengirimkan email dari gmail juga sangat mudah sekali, semudah anda membuat emailnya, sekarang kita mulai aja panduan bagaimana Cara Kirim Email dari Gmail dengan mudah

Pertama-tama silahkan masuk di www.gmail.com untuk login ke akun email anda.









1. Silahkan masukkan Alamat email Anda
2. Masukkan Password
3. Silahkan Tekan "Sign In" Utuk masuk ke akun Email gmail anda
Setelah anda berhasil Masuk di Akun Email Anda maka akan tampil halaman baru seperti di bawah ini :







Setelah Muncul gambar seperti di samping maka langkah sealnjutnya silahkan Anda KLIK "Compose Mail
Setelah anda Klik "Compose Mail" maka akan muncul Halaman baru lagi seperti berikut:

 
KET.

1. Send : Tombol Untuk Mengirim Email
2. To : Isikan alamat Email Tujuan
3. Cc : Copy Carbon, Disini Anda bisa mengirimkan email dengan lebih Dari 1 alamat Email sekaligus.
4.Subject      :Tulis Judul email Anda
5. Attach a File : selain Mengirimkan email anda juga bisa menambah lampiran File, seperti Pdf, doc. rar. dan lain-lain.
6. Tempat untuk Menulis Email Anda.
            

Setelah anda selesai menulis email anda, sekarang anda Tinggal Klik " Send " untuk mengirim email anda, dan tunggu beberapa Saat sampai muncul Gambar sebagai berikut ini:


            Jika sudah muncul gambar seperti di   samping berarti email anda telah berhasil di kirim.
            Demikianlah Panduan dari saya tentang bagaimana Cara Mengirim Email atau Kirim Email dari Gmail. Mudah sekali bukan ???  

F. Membaca E-mail
Email disimpan dalam map. Untuk membacanya, Anda harus membuka map tersebut kemudian membuka pesannya.
Apabila Anda pertama kali membuka Yahoo! Mail, halaman Selamat Datang akan terbuka di jendela utama. Jika Anda mempunyai pesan baru, kata "Kotak Masuk" diikuti dengan angka jumlah pesan baru, muncul di bawah tulisan Selamat Datang.Klik ini.
 Atau Anda dapat mengklik "Kotak Masuk" di bagian atas daftar map Anda di bar navigasi sebelah kiri. Atau Anda dapat mengklik map lain jika Anda mencari pesan di luar Kotak Masuk Anda.
Daftar email di dalam Kotak Masuk Anda (atau map yang Anda klik) akan terbuka di jendela utama. Klik sekali di mana saja pada baris info (pengirim, Subjek, Tanggal/waktu) dari pesan yang ingin Anda baca, dan pesan itu pun muncul dalam "jendela baca" di bawah.Ini adalah jendela pratinjau.Anda melihatnya? Anda dapat juga mengklik dua kali baris info pesan dan pesan akan terbuka di seluruh jendela utama, di bawah tab baru. Dengan cara ini, Anda memiliki lebih banyak ruang untuk membaca pesan, yang juga mencakup sub-jendela yang mencantumkan isi map. Pilih saja cara yang Anda sukai!
Setelah Anda membaca pesan, baris info pesan (pengirim, Subjek, Tanggal/waktu) tidak lagi ditampilkan dengan huruf tebal di daftar pesan dalam map. Hanya baris info pesan yang belum dibaca (baru!) yang ditampilkan dengan huruf tebal.

G. Mengelola E-mail
Pengelolaan email berarti dapat mengosongkan folder, atau memindahkan email ke folder khusus yang diinginkan. Email yang memenuhi inbox dan melebihi batas memory akan ditetapkan akan menyulitkan kamu ketika akan menghapus email tersebut.

   a. Akses E-mail dengan POP
POP Mail adalah email yang diterima melaluiI nternet Service Provider yang menjadi layanan kita.
Kelebihan POP Mail adalah email jenis ini dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet).
Mengecek email dapat dilakukan dengan cara menghubungkan (connect) komputer ke internet, kemudian mendownload emeil-email kita dan kemudian memutuskan hunungan dengan internet. Setelah itu kita dapat membaca satu persatu email yang kita terima. Setelah kita selesai membuat balasan, kita kemudian dapat terhubung lagi ke internet dan kemudian mengirimkan balasan email yang kita terima.Untuk melakukan hal di atas, kita harus mempunyai program client seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express.
Kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak membuka email dari sembarang tempat.

   b. Layanan Chatting
•        Facebook
•        Twitter
•        Mig33
•        Ebuddy
•        Yahoo Messenger
•        Nimbuzzer
•        Hello

    c. Mailing List
Mailing List juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini,  maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.

C. Penutup
          Demikianlah pembahasan mengenai e-mail, setelah ini kalian akan mengetehui segala sesuatu yang berhubungan dengan E-Mail .
Terima kasih dan semoga bermanfaat !!!!

0 komentar:

Posting Komentar