Sabtu, 01 Desember 2012

Materi 2

MATERI 2

 


NETWORK
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->
PENDAHULUAN
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer atau device lainya yang saling dihubungkan dengan menggunakan aturan komunikasi sehingga antara satu komputer dengan komputer lain dapat saling berbagi data atau berbagi sumber daya peralatan komputer, misal scanner, printer, dan harddisk.
Pengertian
Jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung. Terdapat banyak jenis jaringan komputer
MACAM-MACAM NETWORK
1 . Topologi jaringan komputer
Produk-produk teknologi ini dapat melakukan resource sharing antara satu entiti dengan entiti yang lainya. Terdapat beberapa cara menghubungkan entiti  untuk membentuk system jaringan atau biasa dikenal dengan topologi jaringan, diantaranya :
a.    Star (Bintang)
Pada jaringan dengan tipe ini, salah satu entity/komputer dibuat menjadi sebuah pusat dari pengoprasian (server), dimana  ia bertugas menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh komputer -komputer yang tersambung padanya.
Keuntungan dengan model ini adalah : fleksibel, Perubahan salah satu entity/ komputer tidak mengganggu komputer yang lain dan dapat dilakukan dengan mudah, kendali dilakukan secara terpusat, deteksi kesalahan dapat dilakukan dengan mudah.Kerugian model ini antara lain : boros kabel sebagai media transmisinya , peralatan HUB menjadi peralatan yang menjadi dominan.
      b.Bus
Semua komputer dihubungkan pada sebuah jalur transmisi yang dikenal dengan istilah bus. Keuntungan jaringan model Bus antara lain : hemat kabel, layout sederhana dan mudah di kembangkan. Kekurangan jaringan model Bus antara lain: deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, kepadatan lalu lintas data tinggi
cRing
Pada model jaringan ini, setiap komputer dihubungkan secara seri satu atau dengan yang lain dan hubungan tersebut akan membentuk suatu kalung tertutup. Dalam model jaringan ini setiap komputer dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu berkomunikasi dengan computer lain yang berdekatan maupun berjauhan. Model jaringan ini mampu melakukan pertukaran data ke berbagai arah komputer.
Keuntungan  model jaringan ini adalah: tingkat kerumitan jaringan rendah, apabila terdapat gangguan pada salah satu jalur data maka lalu lintas data dapat dialihkan pada jalur lain, hemat kabel. Kerugian model jaringaan ini adalah peka kesalahan dan pengembangan jaringan kaku
Adanya jaringan diatas mempunyai keuntungan sebagai berikut :
      1)    Menggunakan sumber daya bersama-sama.
      2)    Reliabilitas tinggi.
      3)    Menghemat uang.
      4)    Keamanan data.
Komputer inti dalam suatu jaringan adalah komputer server
2 . Perangakat Keras Jaringann
a.    Teknologi Transmisi
Secara garis besar terdapat dua jenis teknologi transmisi, yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point. Jaringan broadcast memiliki saluran komunikas tunggal yang dipakai bersama-sama oleh suatu mesin yang ada pada jaringan . Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimksn oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan.
Jaringan point-to-point terdiri atas beberapa koneksi jaringan individu dari mesin-mesin. Untuk pergi dari sumber ke tempat tujuan, sebuah paket pada jaringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara.
Untuk jaringan yang lebih kecil dan terlokalisasi secara geografis cenderung menggunakan broadcast sedangkan jaringan yang lebih besar umumnya menggunakan point-to-point.
 b.    Berdasarkan Jarak
Jaringan komputer dibedakan menjadi LAN (Local Area Network), MAN (metropolitan area network), dan WAN (wide area network). Koneksi antara dua jaringan atau lebih disebut internetwork.
 B. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jarak.
Jenis jaringan berdasarkan jarak terbagi tiga, yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN).
Berikut uraiannya :
<1.    Local Area Network (LAN)

 
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server.
Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, di mana masing-masing akan dijelaskan.
LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu :
·                 Komponen Fisik Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologi jaringan.
·
Komponen Software Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan. 
Jaringan ini disebut sebagai jaringan area, yaitu jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di sebuah gedung, sekolah, atau kampus. Dalam jaringan LAN, terdapat satu komputer yang biasa disebut server, yang fungsinya adalah untuk memberikan layanan perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file.
Selain server ada pula komputer lain yang terhubung dalam jaringan (network) yang disebut dengan workstation (client). Pada umumnya teknologi jaringan LAN menggunakan media kabel untruk menghubungkan komputer-komputer yang digunakan. 
LAN dapat dibedakan berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya. Teknologi transmisi yang bisa digunakan adalah transmisi kabel tunggal. Pada LAN biasa, kecepatan transmisi sekitar 10 – 100 Mbps (Megabit/second), dan faktor kesalahan kecil. Topologi yang digunakan biasanya topologi Bus, Star dan Ring.
      2)    MAN (Metropolitan area network)
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->
Metropolitan area network (MAN) merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
MAN mampu menunjang data dari suara bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa kabel output. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.
Aspek penting dari MAN adalah terdapatnya sebuah medium broadcast tempat semua komputer dihubungkan. Medium ini mampu menyederhanakan rancangan jaringan dibandingkan dengan jenis jaringan-jaringan lainya.
      3)    WAN (Wide area network)

Wide area network (WAN)mencakup daerah geografis yang luas seringkali mencakup Negara atau Benua. WAN terdiri atas kumpulan mesin(Host)  yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.


Host dihubungkan oleh sebuah subnet komunikasi atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lainya seperti halnya system komputer yang membawa isi pembicaraaan dari pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.
Pada sebagian besar WAN, sebnet terdiri atas dua komponen, yaitu kabel transmisi, dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lainya.
Elemen switching adalah komputer khusus yang dipasang untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. WAN dapat menghubungkan beberapa macam LAN yang berbeda-beda.
 LAN yang berbeda-beda di hubungkan menggunakan sebuah komputer   yang disebut router. Tugas router adalah menyediakan hibingan antara satu jaringan computer dengan jaringan computer yag lain. Router untuk menggabungakan LAN-LAN menjadi WAN ataupun menghubungkan WAN-WAN untuk membentuk WAN yang lebih luas.
2.Protokol
protokol mendefinisikan sekelompok aturan dan sinyal yang digunakan oleh komputer pada jaringan untuk berkomunikasi. Protokol LAN yang paling populer adalah 3.Ethernet.
Protokol LAN lain yang banyak digunakan adalah IBM token-ring network.
Arsitektur:
jaringan dapat diklasifikasikan ke dalam arsitektur peer-to-peer atau client/server.
4.NIC :
NIC (network interface card) adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Sebagian besar NIC dirancang untuk jaringan, protokol, dan media tertentu. NIC biasa disebut dengan LAN card (Local Area Network Card).
5.Backbone :
Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan.
6.Bandwidth :
Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).
7.Bridge :
Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama.
8.DNS :
DNS (domain name sistem) adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti www.microsoft.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.
9.Ethernet :
Ethernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi Ethernet yang lebih baru yang disebut 100Base-T (atau Fast Ethernet), mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versi terbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau 1000 Mbps.
10.Fast Ethernet :
Fast Ethernet seperti Ethernet biasa, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat, sampai dengan 100 mbps. Ethernet ini juga disebut 100BaseT.
11.Gateway :
Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.
12. GPS
GPS (Global Positioning System ) adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik.
Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit.
Dengan menggunakan tiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging).
Sebelum untuk keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dan dalam segala cuaca untuk militer darat, laut, dan angkatan udara. Disamping untuk navigasi dan penentuan posisi geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk pemetaan, kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk.
13.Host :
Host adalah sistem komputer yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh. Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang terhubung dengan modem dan saluran telepon. Sistem mengandung data yang disebut host, sedang sitem yang digunakan untuk mengases dari jarak jauh disebut remote terminal.
Istilah host juga digunakan untuk menyebut komputer yang terhubung dengan jaringan TCP/IP, termasuk Internet. Setiap host mempunyai alamat IP yang unik. Selain itu, istilah host juga merujuk pada penyediaan infrastruktur layanan komputer. Sebagai contoh, banyak perusahaan yang menjadi host Web server, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menyediakan hardware, software, dan saluran komunikasi yang dibutuhkan oleh server, tetapi isi server (data) dikendalikan oleh pihak lain.
14. ISP (Internet Service Provider) :
 ISP (Internet service provider) adalah penyedia layanan Internet. Sebagian besar ISP mempunyai jaringan server (mail, berita, Web), router, modem yang dihubungkan dengan koneksi “backbone” Internet yang permanen dan berkecepatan tinggi. Pelanggan ISP dapat mendapatkan koneksi Internet dengan modem dan telepon. Untuk mengakses Internet pelanggan ISP harus melakukan dial ke jaringan dengan menekan nomor telepon tertentu milik ISP.
15. Internet :
Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer. Sejak 1999 Internet telah memiliki 200 juta pemakai di seluruh dunia, dan jumlah ini meningkat cepat. Lebih dari 100 negara terhubung dengan Internet untuk menukar data, berita, dan informasi lainnya. Setiap komputer yang terhubung dengan Internet disebut host.
16. ISDN :
ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah standard komunikasi internasional untuk pengiriman suara, video dan data melalui line telepon digital atau telepon kawat biasa. ISDN mempunyai kecepatan transfer data 64 Kbps. Sebagian besar saluran ISDN ditawarkan oleh perusahaan telepon yang memungkinkan dua saluran, yang disebut kanal B (B channel).
Satu line dapat digunakan untuk suara dan yang lain untuk data lain dan keduanya mempunyai kecepatan transfer 128 Kbps. Versi awal ISDN menggunakan transmisi baseband. Versi lain ISDN, yaitu B-ISDN, menggunakan transmisi broadband dan dapat mendukung transmisi data dengan kecepatan 1,5 Mbps.
17. Protocol (protokol) :
 Bahasa atau prosedur hubungan yang digunakan oleh satu sistem komputer dengan sistem lainnya sehingga antara keduanya dapat saling berhububngan. Untuk dapat berkomunikasi. Kedua system harus menggunakan protokol yang sama.
PPP (Point To Point Protocol) : Protokol TCP/IP yang memungkinkan hubungan antara host dengan jaringan dan antara router dengan router atau dapat pula digunakan untuk hubungan serial antara 2 system.
18. Repeater :
 Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.
19. Router :
 Suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya.
20. Routing :
Proses dari penentuan sebuah path yang di pakai untuk mengirim data ke tujuan tertentu.
21. RJ-45 :
RJ-45 (Registered Jack-45) adalah konektor delapan kabel yang biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke sebuah local-area network (LAN), khususnya Ethernets. Konektor RJ-45 mirip dengan konektor RJ-11 yang digunakan dalam koneksi telepon, tetapi lebih besar.
22. Server :
Suatu unit yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer.komputer server akan melayani seluruh client atau worstation yang terhubung ke jaringannya.
23. TCP/IP :
 TCP/IP Transmission Control Protokol adalah dua buah protokol yang dikembangkan oleh militer AS yang memungkinkan komputer pada jaringan dapat saling berhubungan. IP digunakan untuk memindahkan paket data antarsimpul. TCP digunakan untuk memverifikasi pengiriman dari client ke server. TCP/IP adalah dasar internet dan dapat ditemukan pada semua system operasi modern, seperti Unix dan Windows

0 komentar:

Posting Komentar