MATERI 2
NETWORK
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->
PENDAHULUAN
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer atau device lainya
yang saling dihubungkan dengan menggunakan aturan komunikasi sehingga
antara satu komputer dengan komputer lain dapat saling berbagi data atau
berbagi sumber daya peralatan komputer, misal scanner, printer, dan
harddisk.
Pengertian
Jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung. Terdapat banyak jenis jaringan komputer
MACAM-MACAM NETWORK
1 . Topologi jaringan komputer
Produk-produk teknologi ini dapat melakukan resource sharing antara satu entiti dengan entiti yang lainya. Terdapat beberapa cara menghubungkan entiti untuk membentuk system jaringan atau biasa dikenal dengan topologi jaringan, diantaranya :
a. Star (Bintang)
Pada
jaringan dengan tipe ini, salah satu entity/komputer dibuat menjadi
sebuah pusat dari pengoprasian (server), dimana ia bertugas menyediakan
sumber daya yang dibutuhkan oleh komputer -komputer yang tersambung
padanya.
Keuntungan dengan
model ini adalah : fleksibel, Perubahan salah satu entity/ komputer
tidak mengganggu komputer yang lain dan dapat dilakukan dengan mudah,
kendali dilakukan secara terpusat, deteksi kesalahan dapat dilakukan
dengan mudah.Kerugian model ini antara lain : boros kabel sebagai media transmisinya , peralatan HUB menjadi peralatan yang menjadi dominan.
b.Bus
Semua komputer dihubungkan pada sebuah jalur transmisi yang dikenal dengan istilah bus. Keuntungan jaringan model Bus antara lain : hemat kabel, layout sederhana dan mudah di kembangkan. Kekurangan jaringan model Bus antara lain: deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, kepadatan lalu lintas data tinggi
c. Ring
c. Ring
Pada
model jaringan ini, setiap komputer dihubungkan secara seri satu atau
dengan yang lain dan hubungan tersebut akan membentuk suatu kalung
tertutup. Dalam model jaringan ini setiap komputer dirancang sedemikian
rupa, sehingga mampu berkomunikasi dengan computer lain yang berdekatan
maupun berjauhan. Model jaringan ini mampu melakukan pertukaran data ke
berbagai arah komputer.
Keuntungan model jaringan
ini adalah: tingkat kerumitan jaringan rendah, apabila terdapat
gangguan pada salah satu jalur data maka lalu lintas data dapat dialihkan pada jalur lain, hemat kabel. Kerugian model jaringaan ini adalah peka kesalahan dan pengembangan jaringan kaku
Adanya jaringan diatas mempunyai keuntungan sebagai berikut :
1) Menggunakan sumber daya bersama-sama.
2) Reliabilitas tinggi.
3) Menghemat uang.
4) Keamanan data.
Komputer inti dalam suatu jaringan adalah komputer server
2 . Perangakat Keras Jaringann
a. Teknologi Transmisi
Secara garis besar terdapat dua jenis teknologi transmisi, yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point. Jaringan
broadcast memiliki saluran komunikas tunggal yang dipakai bersama-sama
oleh suatu mesin yang ada pada jaringan . Pesan-pesan berukuran kecil,
disebut paket, yang dikirimksn oleh suatu mesin akan diterima oleh
mesin-mesin lainya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan
tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan.
Jaringan
point-to-point terdiri atas beberapa koneksi jaringan individu dari
mesin-mesin. Untuk pergi dari sumber ke tempat tujuan, sebuah paket pada
jaringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin
perantara.
Untuk
jaringan yang lebih kecil dan terlokalisasi secara geografis cenderung
menggunakan broadcast sedangkan jaringan yang lebih besar umumnya
menggunakan point-to-point.
b. Berdasarkan Jarak
b. Berdasarkan Jarak
Jaringan
komputer dibedakan menjadi LAN (Local Area Network), MAN (metropolitan
area network), dan WAN (wide area network). Koneksi antara dua jaringan
atau lebih disebut internetwork.
B. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jarak.
Jenis
jaringan berdasarkan jarak terbagi tiga, yaitu Local Area Network
(LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN).
Berikut uraiannya :
<1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server.
Pada
jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat
bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada
jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server
dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe
jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, di
mana masing-masing akan dijelaskan.
LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu :
· Komponen Fisik Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologi jaringan.
·
Komponen Software Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.
Jaringan
ini disebut sebagai jaringan area, yaitu jaringan yang terbatas untuk
area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di sebuah gedung,
sekolah, atau kampus. Dalam jaringan LAN, terdapat satu komputer yang
biasa disebut server, yang fungsinya adalah untuk memberikan layanan
perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan
file.
Selain
server ada pula komputer lain yang terhubung dalam jaringan (network)
yang disebut dengan workstation (client). Pada umumnya teknologi
jaringan LAN menggunakan media kabel untruk menghubungkan
komputer-komputer yang digunakan.
LAN
dapat dibedakan berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi
transmisi, dan topologinya. Teknologi transmisi yang bisa digunakan
adalah transmisi kabel tunggal. Pada LAN biasa, kecepatan transmisi
sekitar 10 – 100 Mbps (Megabit/second), dan faktor kesalahan kecil.
Topologi yang digunakan biasanya topologi Bus, Star dan Ring.
2) MAN (Metropolitan area network)
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->
Metropolitan
area network (MAN) merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan
biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN mencakup
kantor-kantor perusahaan yang berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat
dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
MAN
mampu menunjang data dari suara bahkan dapat berhubungan dengan
jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel
dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket
melalui beberapa kabel output. Adanya elemen switching membuat
rancangan menjadi lebih sederhana.
Aspek
penting dari MAN adalah terdapatnya sebuah medium broadcast tempat
semua komputer dihubungkan. Medium ini mampu menyederhanakan rancangan
jaringan dibandingkan dengan jenis jaringan-jaringan lainya.
3) WAN (Wide area network)
Wide
area network (WAN)mencakup daerah geografis yang luas seringkali
mencakup Negara atau Benua. WAN terdiri atas kumpulan mesin(Host) yang
bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
Host dihubungkan oleh sebuah subnet komunikasi atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lainya seperti halnya system komputer yang membawa isi pembicaraaan dari pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.
Pada
sebagian besar WAN, sebnet terdiri atas dua komponen, yaitu kabel
transmisi, dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut juga sirkuit,
channel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin
lainya.
Elemen
switching adalah komputer khusus yang dipasang untuk menghubungkan dua
kabel transmisi atau lebih. WAN dapat menghubungkan beberapa macam LAN
yang berbeda-beda.
LAN yang berbeda-beda di hubungkan menggunakan sebuah komputer yang disebut router. Tugas router adalah
menyediakan hibingan antara satu jaringan computer dengan jaringan
computer yag lain. Router untuk menggabungakan LAN-LAN menjadi WAN
ataupun menghubungkan WAN-WAN untuk membentuk WAN yang lebih luas.
2.Protokol
protokol
mendefinisikan sekelompok aturan dan sinyal yang digunakan oleh komputer
pada jaringan untuk berkomunikasi. Protokol LAN yang paling populer
adalah 3.Ethernet.
Protokol LAN lain yang banyak digunakan adalah IBM token-ring network.
Arsitektur:
jaringan dapat diklasifikasikan ke dalam arsitektur peer-to-peer atau client/server.
4.NIC :
NIC (network interface
card) adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat
dihubungkan dengan jaringan. Sebagian besar NIC dirancang untuk
jaringan, protokol, dan media tertentu. NIC biasa disebut dengan LAN
card (Local Area Network Card).
5.Backbone :
Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan.
6.Bandwidth :
Bandwidth menunjukan
kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam
banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan
monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles
per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah
dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan
ukuran bit per second (bps).
7.Bridge :
Bridge adalah peranti
yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi
pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan
yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge
utama.
8.DNS :
DNS (domain name
sistem) adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti
www.microsoft.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang
terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi
untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.
9.Ethernet :
Ethernet adalah
protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama
dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus
atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi
Ethernet yang lebih baru yang disebut 100Base-T (atau Fast Ethernet),
mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versi terbarunya,
Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per
detik atau 1000 Mbps.
10.Fast Ethernet :
Fast Ethernet seperti
Ethernet biasa, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat,
sampai dengan 100 mbps. Ethernet ini juga disebut 100BaseT.
11.Gateway :
Istilah gateway
merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi
atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer
antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway
adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem
yang berbeda.
12. GPS
GPS (Global
Positioning System ) adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO
(medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan
penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar
12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24
jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang
mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan.
Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu
juta detik.
Berdasar informasi
ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk
mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang
digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari
stasiun penerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui
bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer
yang berpusat pada satelit.
Dengan menggunakan
tiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar
perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat satelit,
dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh
Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR
(Navigation System with Timing and Ranging).
Sebelum untuk
keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan
navigasi sepanjang waktu dan dalam segala cuaca untuk militer darat,
laut, dan angkatan udara. Disamping untuk navigasi dan penentuan posisi
geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk pemetaan,
kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan
perpindahan penduduk.
13.Host :
Host adalah sistem
komputer yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh.
Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang
terhubung dengan modem dan saluran telepon. Sistem mengandung data yang
disebut host, sedang sitem yang digunakan untuk mengases dari jarak jauh
disebut remote terminal.
Istilah host juga
digunakan untuk menyebut komputer yang terhubung dengan jaringan TCP/IP,
termasuk Internet. Setiap host mempunyai alamat IP yang unik. Selain
itu, istilah host juga merujuk pada penyediaan infrastruktur layanan
komputer. Sebagai contoh, banyak perusahaan yang menjadi host Web
server, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menyediakan hardware,
software, dan saluran komunikasi yang dibutuhkan oleh server, tetapi isi
server (data) dikendalikan oleh pihak lain.
14. ISP (Internet Service Provider) :
ISP (Internet service
provider) adalah penyedia layanan Internet. Sebagian besar ISP
mempunyai jaringan server (mail, berita, Web), router, modem yang
dihubungkan dengan koneksi “backbone” Internet yang permanen dan
berkecepatan tinggi. Pelanggan ISP dapat mendapatkan koneksi Internet
dengan modem dan telepon. Untuk mengakses Internet pelanggan ISP harus
melakukan dial ke jaringan dengan menekan nomor telepon tertentu milik
ISP.
15. Internet :
Internet adalah
jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer. Sejak 1999 Internet
telah memiliki 200 juta pemakai di seluruh dunia, dan jumlah ini
meningkat cepat. Lebih dari 100 negara terhubung dengan Internet untuk
menukar data, berita, dan informasi lainnya. Setiap komputer yang
terhubung dengan Internet disebut host.
16. ISDN :
ISDN (Integrated
Services Digital Network) adalah standard komunikasi internasional untuk
pengiriman suara, video dan data melalui line telepon digital atau
telepon kawat biasa. ISDN mempunyai kecepatan transfer data 64 Kbps.
Sebagian besar saluran ISDN ditawarkan oleh perusahaan telepon yang
memungkinkan dua saluran, yang disebut kanal B (B channel).
Satu line dapat
digunakan untuk suara dan yang lain untuk data lain dan keduanya
mempunyai kecepatan transfer 128 Kbps. Versi awal ISDN menggunakan
transmisi baseband. Versi lain ISDN, yaitu B-ISDN, menggunakan transmisi
broadband dan dapat mendukung transmisi data dengan kecepatan 1,5 Mbps.
17. Protocol (protokol) :
Bahasa atau prosedur
hubungan yang digunakan oleh satu sistem komputer dengan sistem lainnya
sehingga antara keduanya dapat saling berhububngan. Untuk dapat
berkomunikasi. Kedua system harus menggunakan protokol yang sama.
PPP (Point To Point Protocol)
: Protokol TCP/IP yang memungkinkan hubungan antara host dengan
jaringan dan antara router dengan router atau dapat pula digunakan untuk
hubungan serial antara 2 system.
18. Repeater :
Suatu perangkat yang
dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui
sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan
bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh.
Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan
bentuk selama transmisi.
19. Router :
Suatu perangkat yang
berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan
mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya.
20. Routing :
Proses dari penentuan sebuah path yang di pakai untuk mengirim data ke tujuan tertentu.
21. RJ-45 :
RJ-45 (Registered
Jack-45) adalah konektor delapan kabel yang biasanya digunakan untuk
menghubungkan komputer ke sebuah local-area network (LAN), khususnya
Ethernets. Konektor RJ-45 mirip dengan konektor RJ-11 yang digunakan
dalam koneksi telepon, tetapi lebih besar.
22. Server :
Suatu unit yang
berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan
komputer.komputer server akan melayani seluruh client atau worstation
yang terhubung ke jaringannya.
23. TCP/IP :
TCP/IP Transmission
Control Protokol adalah dua buah protokol yang dikembangkan oleh militer
AS yang memungkinkan komputer pada jaringan dapat saling berhubungan.
IP digunakan untuk memindahkan paket data antarsimpul. TCP digunakan
untuk memverifikasi pengiriman dari client ke server. TCP/IP adalah
dasar internet dan dapat ditemukan pada semua system operasi modern,
seperti Unix dan Windows
0 komentar:
Posting Komentar