Sabtu, 01 Desember 2012

Materi 1

MATERI 1

PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET
A.SEJARAH INTERNET

Sejarah internet dunia
Sejarah internet dimulai pada tahun 1960-an, yaitu ketika levi c.finch dan Robert w. tailor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Salah satunya adalah teknik packet switching. Pada teknik ini data atau file berukuran besar yang akan di kirim melalui jaringan computer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil, agar lebih mudah ditangani dan lebih andal.

Sejarah internet Indonesia
Sejarah internet Indonesia bermula pada tahun 1990-an pada saat itu, jaringan internet di Indonesia lebih di kenal sebagai paguyuban network. M.samik-ibrahim, suyono adisoemarta, m.ikhsan, robby soebiakto, putu, firman siregar, adi indrayatno, onno w. purbo adalah sejumlah nama legendaris diawal pembangunan Indonesia (tahun 1992-1994)
Sejarah mailing list di Indonesia
Salah satu media yang paling sederhana untuk melakukan diskusi adalah e-mail menggunakan jasa mailing list server yang dapat enampung ribuan orang dalam berdiskusi melalui e-mail sekaligus.

 Sejarah ISP di Indonesia (internet service provider)
ISP di Indonesia adalah IPTEKNET (http://www.iptek.net.id) yang bertoprasi penuh menjelang awal 1994.
Secara tradisional intertnet memiliki  4 aplikasi utama yaitu:
1.E-mail
          E-mail sebagai cara utama berinteraksi dengan dunia luar,lebih jauh jangkauannya di banding dengan telepon dan snail mail (surat pos).
 2.News
          News group merupakan forum khusus dimana pengguna yang memiliki kesenangan yang sama dapat saling bertukar pesan
 
3. Remote login
          Pemakaian telnet, Rlogin atau program-program lainnya, pengguna yang berada dimana pun di internet dapat melakukan login ke mesin lainnya.
 
4.Transfer file
          Penggunaan program FTP memungkinkan pengguna untuk menyalin file dari satu mesin di internet ke mesin lainnya.
B. JARINGAN KOMPUTER
          Jaringan komputer adalah sekelompok komputer atau device lainnya yang saling dihubungkan dengan menggunakan aturan komunikasi sehingga antara satu komputer dengan computer lain dapat berbagi data atau berbagi sumber daya peralatan computer, missal scanner, printer dan harddisk
1.TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
      A) STAR (BINTANG)
       Pada jaringan dengan type ini, salah satu entity atau computer dibuat menjadi sebuah pusat dari pengoprasian (server). Pada type ini antar computer dapat dilakukan dalam dua arah secara bersamaan. Keuntungan jaringan model ini adalah : pleksibel,perubahan salah satu computer tidak mengganggu jaringan yang lain dsan dapat dilakukan dengan mudah kendali secara terpusat, deteksi kesalahan dapat dilakukan dengan mudah.
Kerugian jaringan model ini antara lain : boros kabel sebagai media  tranmisinya, peralatan HUB menjadi peralatan yang paling dominan.
     B)BUS
      Semua computer dihubungkan pada sebuah jalur tranmisi yang dikenal dengan istilah bus. Keuntungan: hemat kabel,layout sederhana dan mudah dikembangkan. Kekurangan: deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil,kepadatan lalu lintas data tinggi agar sinyal bisa  menjangkau komputar yang paling ujung sering kali dibutuhkan repeater.
     C)RING (CINCIN)
        Setiap komputer dihubungkan secara seri satu dengan yang lain dan hubungan tersebut akan membentuk suatu kalung tertutup. Keuntungan: tingkat kerumitan rendah, hemat kabel apabila terdapat gangguan pada salah satu jalur data maka lalu lintas data dapat dialihkan ke jalur lain. Kerugian: peka kesalahan dan pengembangan jaringan baku.
Keuntungan jaringan :
1.      menggunakan sumber daya secara bersama-sama
2.      reliabilitas tinggi
3.      menghemat uang
4.      keamanan data

2.PERANGKAT KERAS JARINGAN
 A.TEKNOLOGI TRANMISI
        Secara garis besar terdapat dua jenis teknologi tranmisi yaitu jaringan broadcast dan jaringan point – to-point. Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yanh dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada semua jaringan. Jaringan point –to –point terdiri atas beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin.
 B.BERDASARKAN JARAK
    1.LAN (local area network)
            LAN merupakan jaringan milik pribadi dalam sebuah gedung atau sekolah yang berukuran sampai beberapa km. LAN sering kali menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN beroprasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100mps.
    2.MAN (metropolitan area network)
           Pada dasarnya MAN merupakan persilan yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa kabel output.
    3.WAN (wide area network)
            Mencakup daerah geografis yang luas seringkali mencakup sebuah Negara atau benua. Pengguna tradisional menyebut mesin-mesin ini sebagai host. Host dihubungkan oleh sebuah subnet komunikasi atau cukup disebut subnet. Subnet terdiri atas dua komponen yaitu kabel tranmisi dan elemen switching. Elemen switching adalah computer khusus yang dipak

C. PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET
        Komputer  seperti yang sering kita lihat terdiri atas berbagai elemen. Elemen-elemen yang digunakan dalam computer digolongkan menjadi dua jenis yaitu, hardware(perangkat keras) dan software(perangkat lunak).
Perangkat keras yang pada umumnya dimiliki oleh sebuah PC(personal computer) yaitu:
1.    Input(keyboard, mouse, scanner, kamera digital, microphone)
2.    CPU (Central Proccesing Unit)
3.    Memory (RAM, ROM, Floppy disc, hard disc, CD-ROM, DVD)
4.    Output (monitor, printer, LCD)
Untuk melakukan proses akses internet, ada berbagai persyaratan peralatan yang harus dimiliki yaitu:
1.    MODEM  DAN  ROUTER
Modulator and Demodulator (modem) merupakan piranti untuk keperluan komunikasi data antarkomputer yang menggunakan media saluran telepon. Modem adalah sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.
    Modem internal di pasang di dalam computer (CPU) dan modem eksternal yang terletak diluar computer. Modem eksternal memiliki keunggulan yaitu portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di computer. Kekurangannya yaitu ia membutuhkan ruang diluar computer dan harganya relative mahal. Sedangkan modem internal memiliki keuntungan lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal.
2.    Jaringan Telepon
          ISP adalah perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan akses internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya. Contoh: Telkomnet, Indosatnet, Centrin, Cbn, Wasantara, dan lain-lain.
Ada dua cara agar kita bisa memakai internet melalui ISP:
1.    Dial-up Connection
Dial-up Connection merupakan akses koneksi ke internet dimana pengguna menggunakan media perantara modem terhubung dengan computer dan jalur telepon yang menghubungkan pada ISP atau ISP node untuk menstabilkan hubungan modem ke modem dimana kemudian menghubungkannya ke internet.
Yang perlu kita lakukan adalah:
•    Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
•    Memasang modem ke computer kita
•    Meng-install software internet yang disediakan oleh ISP
•    Menghubungkan  diri (dial-up) ke ISP
Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan local (menggunakan pulsa telepon local) namun kita sudah bisa menjelajahi internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh dunia.3. .    Jalur Lebar atau Pita Lebar ( bahasa inggris: broadband)
Jalur ini merupakan sebuah istilah dalam internet Yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Karena biasanya memiliki kecepatan aliran data yang tinggi.

3.    LAN Card dan Ethhernet Card
          LAN Card atau kartu jaringan adalah suatu alat yang dipasang pada CPU yang menghubungkan antara satu computer dengan computer yang lainnya untuk melakukan koneksi.
Ethernet merupakan sebuah standar LAN meliputi kabel dan skema protocol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox corporation.
Pembuatan jaringan dengan Ethernet card ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam konektor sesuai dengan jenis Ethernet yang terpasang yaitu:
1)    Konektor UTP (RJ-45)
2)    Konektor BNC (thin coax)
3)    Konektor TBNC (thin coax)
4)    Konektor AUI (thin coax)
4.    Hub
Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lain.
Hubungan antarkomputer dilakukan dengan menghubungkan setiap computer dengan sebuah peralatan yang dinamakan dengan hub.


D. SOFTWARE UNTUK AKSES INTERNET
1. Sistem operasi
    Beberapa system operasi yang sering dipakai adalah windows dan linux. Kelebihan linux adalah lebih stabil digunakan sebagai system jaringan.
2. Driver
    Driver adalah suatu perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menginstal komponen hardware sehingga komponen tersebut dikenali oleh system operasi yang terpasang di sebuah computer.
3. Browser
    Beberapa system operasi yang di install ada yang sudah melengkapi dirinya dengan browser. Sehingga browser tersebut akan langsung terinstal bersamaan dengan proses instalasi sebuah system operasi.
4. Soft skill administrator
    Salah satu pendukung keberhasilan suatu sambungan jaringan computer adalah keterampilan orang yang mengendalikan atau mengatur perangkat keras dan lunak computer yang saling terhubung tersebut, yang biasa dikenal dengan istilah network administrator.
    Salah satu yang harus dipertimbangkan dalam membuat suatu jaringan adalah masalah biaya dan efisiensi system.

0 komentar:

Posting Komentar